Friday 9 December 2016

Persebaran Ikan Kakap Putih

PERSEBARAN KAKAP PUTIH
Kakap putih menyebar di daerah tropis dan subtropis daerah pasifik Barat dan Samudera Hindia. Kesemuanya, meliputi: Australia, Papua New Guinea, Indonesia, Fhilipina, Jepang, China, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Bangladesh, India, Srilangka, Pakistan, Iran, Oman, dan negara-negara disekitar laut Arab. Penyebaran Ikan kakap putih di Indonesia terutama terdapat di pantai utara Jawa, di sepanjang perairan pantai Sumatera bagian timur, Kalimantan, Sulawesi Selatan,  dan Arafuru.
Di samping memiliki penyebaran yang luas, Ikan kakap putih mempunyai toleransi yang cukup besar terhadap variasi kadar garam (euryhaline) dan merupakan ikan katadromous (dibesarkan di air tawar dan kawin di air laut). Sifat-sifat inilah yang dapat dibudidayakan di laut, tambak maupun kolam air tawar.
Setelah dewasa ikan ini bermigrasi ke muara sungai dengan keadan kadar garam 25 – 30 per mil. Dalam kondisi air payau, ganada ini berkembang dengan baik. Perkawinannya sangat dipengaruhi oleh peredaran bulan yakni pada permulaan bulan gelap atau bulan penuh bersamaan dengan datangnya air pasang.
Ikan kakap putih betina mulai dewasa setalah mencapai berat 4 – 6 Kg.. Sedangkan yang jantan menjadi dewasa setelah mencapai berat 3 Kg. Jumlah telur bervariasi mengikuti berat badan. Induk ikan seberat 5 – 11 Kg dapat menghasilkan telur sebanyak 2 – 7 juta butir. Ukuran telur antara 0,4 – 0,5 mm. Dalam waktu 18 jam setelah pembuahan telur menetas menjadi larva dengan ukuran rata-rata 1,49 mm. Dalam waktu sekitar 30 hari maka larva akan tumbuh menjadi burayak yang berukuran antara 1,3 – 1,7 cm.

No comments:

Post a Comment