Saturday 10 December 2016

Ciri-Ciri Kerang Hijau

ciri-ciri kerang hijau
Kerang hijau termasuk dalam golongan binatang lunak yang hidup di laut dan mempunyai cangkang berwarna hijau. Jenis kerang ini banyak terdapat di perairan-perairan dekat muara, biasanya hidup menempel di batu-batu karang, tiang-tiang bagan atau tiang-tiang dermaga di pelabuhan.
Di Indonesia, kerang hijau memijah sepanjang tahun. Tetapi untuk mendapatkan spat, paling banyak dalam bulan-bulan Maret sampai dengan Juli.
Seekor kerang hijau yang telah dewasa menghasilkan telur sebanyak 12 juta telur dan dilepaskan di perairan. Setelah dibuahi , telur-telur tersebut akan menetas menjadi burayak dan hidup melayang-layang di perairan. Setelah kurang lebih dua minggu, burayak tersebut akan mencari substrat untuk menempel dan tumbuh menjadi kerang dewasa. Kecepatan tumbuh kerang hijau antara 0,7 – 1,0 cm per bulan. Setelah berumur 6 – 7 bulan, kerang hijau sudah dapat dipanen.
Di beberapa negara Asia, kerang hijau sudah dibudidayakan oleh masyarakat luas sejak puluhan tahun yang silam. Bahkan, di beberapa negara Eropa sudah diusahakan sejak berabad-abad yang lalu.
Dengan banyaknya negara-negara yang telah mengembangkan usaha budidaya kerang hijau, sudah selayaknyalah usaha ini juga dikembangkan di Indonesia. Di samping untuk meningkatkan produksi perikanan dan penyediaan protein hewani bagi masyarakat luas, juga usaha ini dapat membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan. Khusus bagi nelayan tradisional, budidaya kerang hijau ini merupakan penganekaragaman usaha yang bisa mengisi kekosongan kegiatan dan memberikan pendapatan yang menjamin sepanjang tahun. Hal ini sangat penting, terutama sekali mengingat para nelayan  tradisional pada umumnya tidak dapat menangkap ikan  sepanjang tahun karena adanya hambatan musim dan cuaca.














a.     cangkang  
b.     daging segar      
c.     daging yang telah direbus

Gambar 1. Kerang Hijau

Kerang Hijau mempunyai toleransi yang tinggi terhadap kadar garam garam dan tumbuh dengan baik pada kadar garam 27 – 35%, suhu perairan 27 – 32 C, pH 6 – 8, kecerahan air 3,5 – 4,0 meter, arus tidak begitu kuat dan biasanya hidup pada kedalaman 1 – 7 meter. Mereka mengambil plankton nabati sebagai makanannya.

No comments:

Post a Comment