Friday 9 December 2016

Memilih bibit dan Cara Pembibitan rumput laut

Bibit
Dalam membudidayakan sesuatu, diperlukan perhatian khusus tentang bibit yang digunakan. Pada dasarnya, pemilihan bibit ini bertujuan agar pertumbuhan rumput laut menjadi baik.

1.     Pemilihan Bibit
Bibit sebaiknya dikumpulkan dari perairan pantai sekitar lokasi usaha budidaya. Hal ini untuk dapat memenuhi keperluan pada saat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup sesuai dengan luas area penanaman.
Pengangkutannya pun harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat. Bibit harus tetap basah ataupun terendam air laut. Itulah sebabnya, pengambilan bibit dilakukan dari pantai terdekat sekitar lokasi usaha budidaya. Hal itu dapat mengurangi tingkat human eror yang dapat mengakibatkan rusaknya bibit.
Selain itu, dengan pengadaan bibit lokal, bibit itu tidak perlu lagi menyesuaikan diri dengan lingkungan karena sangat cocok dengan persyaratannya untuk pertumbuhannya secara alami.
Namun, bila ternyata di lokasi pembudidayaan tidak terdapat  bibit lokal sesuai dengan yang diinginkan, bibit dapat diambil dari lokasi lain. Untuk itu, kita harus berhati-hati saat membawa bibit selama perjalanan. Adapun cara yang dilakukan adalah sebagai berikut.
1.     Bibit rumput laut harus selalu lembap selama perjalanan.
2.     Diharapkan, bibit tidak terkena sinar matahari langsung.
3.     Bibit tidak terkena air tawar maupun air hujan.
4.     Tidak tertutup rapat sehingga ada sirkulasi udara.

Untuk itu, ada  cara pengepakan bibit rumput laut agar selama perjalanan rumput itu tidak rusak, yaitu sebagai berikut.
1.     Sediakan kantong plastik yang berukuran sesuai dengan besar rumput laut. kemudian, sediakan pula dus yang seukuran dengan plastik.
2.      Lalu, masukkan kantong plastik ke dalam dus sambil dibuka. Kemudian pada dasar kantong plastik diberi spon yang telah diberi air. Jika dasar plastik telah diberi spon yang lembap, mulailah meletakkan bibit rumput laut. Penumpukan rumput laut jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu padat. Setelah diisi rumput laut, berilah spon yang lembab. Lalu, tumpuk lagi dengan bibit rumput laut. Lakukan berlapis-lapis.








Gambar 3.1 Pengemasan bibit rumput laut

2.     Cara Pembibitan
Bibit rumput laut adalah berupa stek (pemotongan). Pemotongan rumput laut yang digunakan untuk bibit haruslah diambil dari rumput laut yang memiliki cabang yang banyak.
Penyetekan dilakukan dengan pemotongan rumput laut pada ujungnya sepanjang kira-kira 10-15 cm. Dengan demikian, hasil yang diperoleh saat panen akan melimpah. Rumput laut budidaya akan tumbuh subur dan bercabang banyak. Karena itu, banyak pula hasil yang didapat.
Selain bibit yang akan ditanam bercabang banyak, kondisinya haruslah utuh dan tanpa luka. Disarankan pula, bibit harus segar dan masih muda. Umurnya sekitar 25-35 hari. Berat yang disarankan, yaitu antara 50-100 gram. Ciri-ciri rumput laut yang baik juga perlu diperhatikan, yaitu tidak bercak dan terkelupas, warnanya cerah. Dengan demikian, pertumbuhannya akan maksimal.
Sebelum dilakukan penanaman, bibit dikumpulkan pada tempat tertentu, misalnya keranjang atau jaring dan diusahakan bibit tidak terkena minyak, kehujanan, dan tidak kekeringan.











Gambar 3.2. Cara memotong Rumput Laut

No comments:

Post a Comment