Saturday 10 December 2016

Jenis Kepiting Bakau

jenis Kepiting Bakau
Sedikitnya, ada tiga jenis kepiting bakau (Genus: Scylla) bernilai ekonomis, yaitu: (1) Scylla serrata, (2) Scylla oceanica, (3) Scylla transquebarica. Secara morfologi, ketiga jenis kepiting bakau tersebut dapat dibedakan dengan ciri-ciri sebagai berikut :
Scyla serrata adalah jenis kepiting bakau yang berwarna keabu-abuan sampai hijau kemerah-merahan. Scylla oceanica adalah kepiting bakau yang berwarna kehijauan. Pada hampir seluruh bagian tubuhnya, kecuali bagian perut, terdapat garis-garis berwarna coklat. Scyla transquebarica adalah jenis kepiting bakau yang berwarna kehijauan hingga kehitam-hitaman. Pada kaki renangnya terdapat garis-garis berwarna coklat.
Perbedaan yang tampak secara umum, Scylla oceanica dan Scylla Transquebarica memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan S. Serrata pada umur yang sama.
Di pasar-pasar lokal, ketiga jenis kepiting  bakau tersebut sering dijumpai. Ke tiga jenis kepiting tersebut dijual kepada konsumen dengan harga yang tidak berbeda antara jenis yang satu dengan yang lainnya.
Namun, menurut beberapa pedagang perantara, pemasaran antarpulau dan ekspor, Scyla Serrata dihargai lebih tinggi. Bahkan, permintaan kepiting bakar jenis ini lebih besar dibanding permintaan kepiting  jenis lainnya

No comments:

Post a Comment