Friday 9 December 2016

Cara Membuat Keramba Jaring APung

Pembuatan Karamba
Karamba yang sudah siap untuk dipasang pada rakit umumnya tidak dijual siap pakai. Bahan untuk membuat karamba yang tersedia masih dalam bentuk jaring-jaring yang terbuat dari polietilen yang digulung dan dijual menurut ukuran bobotnya. Jaring yang terbuat dari polietilen no 380 d/9 dan 380 D/13 berukuran mata jaring [mesh size] 1 inci dan 2 inci [atau 1 cm dan 2 cm]. Ada caranya untuk membuat sebuah karamba dengan ukuran tertentu. Untuk membuat sebuah karamba ada istilah yang disebut “hang in ratio” [S]. Hang in ratio adalah nilai persentase jika jaring yang terdiri dari mata jaring direntangkan antara dua ujung jaring. Rumusnya adalah sebagai berikut.

L = panjang jaring dalam kedaan tertarik [direntangkan]
l = Panjang jaring tidak direntangkan
Sebagai contoh untuk membuat karamba 3 X 3 X 3 m dengan mata jaring 1 inci [2,5 cm] dan hang in ratio = 30 %. Pola jaring karamba dapat dilihat pada gambar berikut.










   
Pola jaring yang akan dipotong [a] untuk sisi samping dan [b] untuk sisi bawah

Sedangkan rumus perhitungannya:

              1            12
Dengan demikian panjang setiap sisi karamba 17,14 / 4 = 4,28 m
Dengan jumlah mata jaring 428 / 2,5 = 171
Sedangkan kedalaman atau tinggi karamba dapat dihitung dengan rumus berikut ini :
Dengan jumlah mata jaring 420 / 2,5 = 168
d = kedalaman tau tinggi karamba sesudah hang in ratio.
Tepi sisi samping karamba seperti diperlihatkan pada model di atas dihubungkan dengan tepi sisi bawah karamba dan dirajut dengan menggunakan tali dari bahan plastik berdimeter 2 mm. Kemudian setiap tepi sisi karamba itu ditambahkan dan ditelusuri dengan menggunakan tali berdiameter 0,5 - 1 cm dan dirajut. Khusus untuk bagian tepi bawah karamba, pada tali dimasukkan timah-timah berlubang sebesar biji kacang atau lebih dengan jarak antara satu dengan yang lainnya 5 cm.

No comments:

Post a Comment