Friday 9 December 2016

Pemanenan Hasil Budidaya Kakap Putih

PEMUNGUTAN HASIL


Jika budidaya yang kita lakukan berhasil, ikan sudah bisa dipanen
    selama 5-6 bulan. Pemanenan harus dilakukan secara hati-hati agar ikan tidak rusak. Dengan demikian, kualitas terjaga dan harga jualnya pun tinggi.
Pemungutan hasil dilakukan secara selektif terhadap ikan yang beratnya sudah mencapai 600-800 gram/ekor. Ikan yang belum mencapai berat 600 gram dapat dipelihara kembali sehingga mencapai ukuran yang kita kehendaki, kecuali bila ada permintaan pasar terhadap ukuran tertentu atau kurang dari 600 gram.
Ukuran berat tersebut didasarkan kenyataan bahwa untuk jenis kakap putih ini permintaan pasar lebih banyak terhadap ikan dengan berat di bawah 1 kg per ekor.
Di samping itu, karena ikan kakap putih ini adalah hasil budidaya, pemasaran dapat diatur sebaik-baiknya untuk mendapat an harga yang paling tinggi.
Karena ikan ini biasanya dipasarkan dalam keadaan hidup atau segar, perlu diperhatikan pengangkutannya. Pengangutan ikan dalam kantong haruslah menggunakan oksigen dan tidak terlalu padat isinya. Hal ini untuk menjaga agar ikan tetap hidup sampai di tujuan.

No comments:

Post a Comment