Friday 9 December 2016

Habitat dan Sebaran Rumput Laut di Indonesia

Habitat dan Sebaran
1.     Habitat
Di dasar laut, rumput laut hidup menempel pada benda-benda padat, seperti batu dan karang mati. Selain itu, rumput laut dapat menempel pada rumput lainnya. Alat penempelnya pun bervariasi. Ada yang menggunakan cakram pelekat. Contohnya adalah Gracilaria. Ada pula yang yang menggunakan stolon merambat. Contohnya adalah Caulerpa.
Rumput laut hidup di daerah pasang surut hingga kedalaman beberapa meter. Namun, daerah tersebut masih tertembus oleh cahaya matahari. Keberadaannya masing-masing jenis tumbuhan ini sangat bergantung pada berbagai faktor oseanografis, seperti sifat fisika, sifat kimia, dan dinamika perairan.

2.     Sebaran Rumput Laut di Indonesia
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki perairan pantai yang sangat baik dan juga memiliki posisi strategis sebagai penghasil rumput laut. Kita tahu bahwa rumput laut memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
Namun, jika kita hanya mengandalkan produksi dari alam, tentunya rumput laut akan habis juga. Untuk itu, setelah melihat peluang tersebut, diperlukan usaha untuk meningkatkan sumber daya hayati perairan yang masih rendah produktifitasnya. Salah satu caranya yaitu dengan pembudidayaan.












Gambar 2.1. Peta strategis daerah budidaya rumput laut.

Lahan peraian Indnesia yang potensial telah mendorong para petani dan pengusaha untuk membudidayakan rumput laut. Usaha budidaya ini berkembang di beberapa daerah, seperti Bali, NTB, NTT, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Riau Kepulauan, Lampung Selatan, dan Maluku Utara.

No comments:

Post a Comment