Friday 9 December 2016

Pemanenan Rumput Laut

PANEN
Pemanenan rumput laut dilakukan 2  atau 3 kali untuk setiap kali penanaman. Panen pertama dilakukan setelah 2 bulan, yaitu pada pertumbuhan rumput laut mencapai 400-600 gram/ikat. Cara panen dengan memotong bagian ujung tumbuh (awal pertumbuhan). Panen selanjutnya dilakukan setiap 2 bulan sekali.
Panen dapat dilakukan dengan dua cara:
1.     Panen dengan memotong sebagian tanaman. Keuntungan cara ini antara lain ialah penghematan tali rafia pengikat bibit. Namun demikian, cara ini memerlukan waktu kerja di laut yang lebih lama. Sisa tanaman di laut terdiri dari thallus yang tua, sehingga pertumbuhannya lambat dan kandungan karangenan hasil panen lebih rendah. Pemotongan rumput laut harus dilakukan dengan alat pemotong yang tajam agar pada bekas potong, sisa tanaman dapat tumbuh cabang baru dengan baik.
2.     Panen dengan cara mengangkat seluruh tanaman memerlukan waktu kerja di laut yang lebih singkat. Pelepasan tanaman dari tali ris dilakukan di darat dengan cara memotong tali rafia. Selain itu, panen dengan cara ini mempunyai keuntungan tersendiri, yaitu menanam kembali bibit rumput laut dengan memilih bagian tanaman yang masih muda dengan laju pertumbuhan  yang tinggi dan kandungan karangenan yang tinggi pula.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat pemanenan adalah cuaca. Jika pemanenan dilakukan pada saat cuaca mendung, hal ini akan menyulitkan pada saat penjemuran. Jika kita gagal dalam penjemuran, akan terjadi proses fermentasi pada rumput laut yang di panen tersebut. Dengan demikian, kualitas rumput laut akan menurun.

No comments:

Post a Comment