Friday 9 December 2016

Penampakan Tubuh Bagian Luar [MORFOLOGI] Udang Windu


Seluruh bagian tubuh udang windu tertutup oleh kerangka luar yang terbuat dari bahan yang disebut chitin disebut eksoskeleton. Secara morfologis tubuh udang ini terdiri dari 2 bagian yaitu kepala dada [cephalohorax] dan perut [abdomen]. Cephalotorax tertutup oleh kelopak kepala yang disebut carapace. Bagian depan carapace memanjang, meruncing dan bergigi-gigi disebut cucuk kepala [rostrum]. Cephalothorax terdiri atas 13 ruas, yaitu 5 ruas pada kepala dan 8 ruas pada dada. serta 6 ruas pada abdomen, juga memiliki ekor di bagian belakangnya. Setiap ruas memiliki sepasang anggota badan yang beruas-ruas juga.
Mulut udang terdapat di bawah kepala di antara rahang-rahang yang disbut mandibula. Insang terdapat di bagian sisi kiri dan kanan kepala, tertutup oleh carapace.
Pada cephalothorax terdapat anggota-anggota tubuh, berturut-turut adalah antenula [sungut kecil], scophocerit [sirip kepala], antenna [sungut besar], mandibula [rahang], maxilla [alat-alat pembantu rahang] yang terdiri atas 2 pasang, maxiliped yang terdiri atas 3 psang, periopoda [kaki jalan]: kaki ke 1, 2 dan 3; ujung-ujungnya bercapit disebut chela.
Pada bagian abdomen terdapat pleopoda [kaki renang] yaitu pada ruas ke 1 sampai 5. Sedangkan pada ruas ke-6 kaki renang mengalami perubahan bentuk menjadi ekor kipas atau ekor [uropoda]. Ujung ruas keenam ke arah belakang terdapat telson.

No comments:

Post a Comment