Friday 9 December 2016

Jenis-Jenis Rumput Laut

Jenis-jenis Rumput laut (Ganggang)
Ganggang yang sering disebut rumput laut oleh para petani adalah jenis tanaman tingkat rendah. Hal ini dikatakan demikian karena tanaman ini tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Meskipun kita lihat bahwa ganggang sepertinya memiliki batang dan daun, tetapi sebenarnya itu hanyalah thalus belaka.
Manusia mengklasifikasikan ganggang berdasarkan warnanya. Oleh karena itu, ganggang diklasifikasikan sebagai berikut.
1.     Gangang hijau (Chlorophyceae)
2.     Ganggang biru hijau (Cyanophyceae)
3.     Ganggang coklat (Phaeopyceae)
4.     Ganggang merah (Rhodophyceae)

1.     Ganggang hijau (Chlorophyceae)
Ganggang ini disebut ganggang hijau karena memang berwarna hijau. Ganggang ini hanyalah mempunyai sel warna berupa chlorophyl.
Pada umumnya, ganggang hijau hidup sebagai plankton, baik pada air tawar, air payau, maupun air laut. ganggang ini merupakan sumber makanan alami bagi ikan yang hidup di alam.

2.     Ganggang Biru (Cyanophyceae)
Ganggang biru sangat dekat kelasnya dengan bakteria, karena merupakan organisme kecil yang bersel tunggal. Kumpulan ganggang ini berwarna biru atau hijau kebiruan.
Beberapa jenis ganggang biru hijau yang hidup di air payau adalah Oscillatoria dan Phormidium. Mereka hidup membentuk kelompok di tambak, dan merupakan makanan alami utama bagi ikan bandeng di tambak air payau. Ganggang biru hijau sebagai mana ganggang hijau banyak hidup di air tawar.

3.     Ganggang Coklat (Phaeopyceae)
Lain halnya dengan ganggang hijau dan ganggang biru hijau, ganggang coklat dan ganggang merah hampir secara eksklusif merupakan habitat laut. Ganggang inilah yang banyak disebut orang sebagai rumput laut. Ganggang coklat memiliki anggota tubuh seperti batang yang mengeras agar dapat menahan arus gelombang laut. Ada pula ganggang yang memiliki daya tempel yang tinggi terhadap batukarang dan sejenisnya sehingga kokoh pada tempatnya. Contoh ganggang itu adalah Labi-labi (turbinari conoides) dan ribbon kelp (laminaria).
Selain hidup menempel pada benda-benda laut, ganggang coklat ada yang hidup mengambang di permukaan laut. Mereka mampu mengambang karena memiliki semacam pelampung. Contoh ganggang ini adalah Sargassum siliquosum.
























Gambar 2.2. Berbagai jenis ganggang coklat
















Turbinaria dan Sargassum

Gambar 2.3. Berbagai jenis ganggang coklat.

4.     Ganggang Merah (Rhodophyceae)
Ganggang merah juga hidup di laut. Ganggang ini memiliki jenis yang banyak sekali. Bahkan dari jenis inilah agar-agar dan karagin banyak dihasilkan. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.
a.     Kelompok penghasil agar-agar (agarophyt)
1)     Gracilaria
2)     Gelidium
3)     Ahnfeltia
4)     Pterocladia
5)     Acanthopeltis
b.     Kelompok penghasil karagin (Carrageenophyt)
1)     Chondrus
2)     Eucheuma
3)     Gigantina
4)     Hypnea




















Gambar 2.4. Berbagai jenis ganggang merah (Rhodephyceae)

No comments:

Post a Comment