Thursday 6 October 2016

Cara Pemindangan Ikan

Pembuatan ikan pindang
Pemindangan atau pembuatan ikan pindang adalah proses pengawetan ikan segar. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan tongkol, tuna dan sejenisnya, bandeng, kembung, deles, mas dan mujair. Proses pemuatan tidak sulit. Ikan dari berbagai ukuran sebagai bahan utama dan gram ditambah kunit dan asem jawa agar ikan pindang lebih awet, harum, dan sebagai citarasa. Adapun carapengolahannya, adalah sebagai berikut.
a)    Isi perut ikan dibuang dan dicuci bersih.
b)    Ikan yang sudah bersih direndam dalam larutan gram sekitar 5 persen dari berat ikan yang dipindang. Masukkan potongan es dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian ikan diangkat dan cuci lalu tiriskan agar airnya menetes.
c)    Ikan yang sudah ditiriskan disusun dalam besek atau wadah terbuat dari anyaman bambu yang diisi jerami. Lapisan ikan paling atas dibubuhi gram sekitar 25 persen berat ikan dalam besek.
d)    Besek berisi ikan direbus dalam air gram yang diberi bumbu kunyit dan asem jawa. Diamkan sekitar 20-30 menit. Besek berisi ikan harus terendam penuh, jika perlu di atas besek beri pemberat. Angkat dan tiriskan lalu sompan ditempat yang kering. Ikan pindang dapat bertahan lama jika disimpan di lemari es dengan dibungkus rapat.

No comments:

Post a Comment