Thursday 6 October 2016

Cara menaikkan Kadar Keasaman Tanah Tambak budidaya Lobster


Umumnya petambak-petambak tradisional jarang yang melakukan pengujian kadar keasaman tanah-tanah tambak mereka. Mereka hanya mengetahui cara membuat kontruksi tambak dan mengolahnya begitu saja.
Tetapi bagi para petambak yang membudidayakan udang lobster dengan cara intensif, selalu mempertimbangkan hal-hal yang berkenaaan dengan kadar keasaman tanah tambak yang dikelolanya.
Oleh sebab itu untuk mendatangkan hasil secara maksimal, diharapkan para petani tambak tradisional atau pemula agar memperhatikan hal-hal yang tampaknya tidak mengandung resiko. Kadar keasaman tanah tampaknya tidak beresiko, tetapi sangat memegang peranan penting bagi berhasil tidaknya usaha budi daya lobster.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kadar keasaman tanah tambak.
Bagi para pemula yang belum berpengalaman dalam hal air, perlu belajar atau meminta bantuan Dinas Pertanian dan perikanan, atau meminta bantuan pada orang yang cukup berpengalaman.
Adapun cara untuk megetahui kadar keasaman tanah tambak dapat dilakukan sebagai berikut :
a.     tanah yang akan dijadikan lahan tambak diambil secukupnya, kemudian dimasukkan  ke dalam gelas atau bejana pengukur. Kemudian campurkan dengan air dan bahan kimia. Bahan kimia dapat diperoleh di dinas perikanan atau pertanian. Selanjutnya bahan tersebut dikocok sampai larut dan bercampur menjadi satu.
b.     Celupkan kertas lakmus ke dalam wadah berisi larutan tadi. Kertas lakmus yaitu kertas yang dipakai untuk menguji kadar keasaman yang bisa diperoleh di toko-toko pertanian atau perikanan. lama pencelupan tidak lebih dari 7 menit.
    Kemudian kertas lakmus tadi diangkat dan dikibas-kibaskan agar segera mengering. Bekas cairan akan memperlihatkan warna.
c.     Siapkan tabel pH [derajat keasaman] yang dapat diperoleh di dinas Perikanan. Kemudian cocokkanlah warna yang ada pada kertas lakmus, yaitu bekas cairan dengan warna yang ada pada tabel pH. Tabel ini berisi angka dan warna-warna. Warna yang ada pada kertas ini biasanya disertai angka di bawah atau diatasnya.
d.     Apabila warna memperlihatkan angka 3 berarti tanah tersebut berkadar asam 3.
Angka seperti ini sangat berbahaya bagi kehidupan lobster, sebab sangat bersifat  asam. sedangkan batas ketahanannya hanya sampai batas angka 5.

No comments:

Post a Comment