Tuesday 18 October 2016

MEDIA PEMBESARAN CACING TANAH


Untuk pembesaran ada yang memakai perbandingan 50% kompos dan 50% pupuk kandang. Setelah disediakan media pembesaran, media itu tidak dapat langsung digunakan, tetapi kita harus menunggu agar media itu mengalami pelapukan terlebih dahulu. Penyimpanan dilakuan hingga 7-30 hari. Lama waktu pelapukan tersebut bergantung pada jenis media yang digunakan. Adapun Proses pembuatan media pembesaran adalah sebagai berikut.

1.     Alat
a.     Wadah, tempat meletakkan media hidup cacing. Wadah ini dapat terbuat dari bak semen, drum, atau karung.
b.     Pisau digunakan untuk memotong bahan media cacing.
c.     Pengaduk. Jenis pengaduk yang digunakan terbuat dari bahan kayu.
d.     Sarung tangan. Sarung tangan digunakan untuk pengambilan pupuk kandang atau kompos.
e.     Masker. Masker digunakan untuk menutup hidung agar tidak tercium bau pupuk kandang atau kompos.

2.      Bahan
a.     Pupuk kandang yang terdiri dari kotoran hewan.
b.     Pupuk kompos yang terdiri dari  tumbuh-tumbuhan yang telah membusuk.

2.     Cara Membuat Media Tersebut adalah sebagai berikut
a.     Siapkan bahan-bahan organik yang akan digunakan sebagai media. Bahan organik tersebut berupa 50% pupuk kandang dan 50% pupuk kompos.
b.     Kemudian, campurkan bahan organik tersebut dan aduk hingga rata. Sambil diaduk, berilah air sedikit demi sedikit hingga bahan tampak lembap.






















Gambar Pupuk kandang dan pupuk kompos diaduk sambil diberi air















Gambar bahan media dimasukkan ke dalam bak karung, atau drum

c.     Tahap selanjutnya, masukkan bahan yang telah dibasahi tersebut ke dalam wadah. Wadah pembesaran cacing dapat berupa bak semen, karung goni, dan drum. Lalu, tutuplah wadah tersebut. Sisakan sedikit celah agar udara dapat masuk
d.     Letakkan wadah tersebut di tempat yang agak jauh dari pemukiman penduduk karena pelapukan bahan tesbut akan mengeluarkan gas yang berbau. Dengan demikian, baunya tidak mengganggu penduduk.




















Gambar media dimasukkan ke dalam wadah plastik/besek/peti kayu

e.     Proses pelapukan akan memakan waktu sekitar beberapa minggu. Setiap seminggu sekali,  aduklah bahan tersebut hingga merata. Ini bertujuan agar udara merata dan pembusukan akan merata pula.
f.     Setelah lapuk, keluarkan bahan media dari wadah. Lakukanlah penyeleksian. Penyelesain dilakukan jika ada media yang belum lapuk. Kini, media sudah dapat digunakan.
g.     Masukkan media ke dalam wadah plastik, atau besek, atau peti kayu. Campurlah media itu dengan pakan tambahan. Usahakan campuran media dan pakan hanya setinggi 25 cm. Jika media kurang tebal akan membuat media cepat kering. Kemudian, jika media terlalu tebal, akan terjadi pemadatan.

No comments:

Post a Comment