Thursday 6 October 2016

Jenis-Jenis Bubu Penangkap Lobster


    Terdapat berbagai macam bubu yang sering dipakai untuk melakukan penangkapan lobster. Berikut akan dijelaskan masing-masing

1.     Bubu Bali
Bubu bali ini terbuat dari anyaman bambu yang terbagi menjadi 2 bagian. bagian luar berupa silinder yang mirip pagar atau galar, sedangkan bagian dalamnya berbentuk dua kerucut yang saling bertemu pada ujungnya yang lancip, seperti diperlihatkan pada gambar 2.







    Gbr Bubu Bali

2.     Bubu beehive pot
    Alat perangkap lobster ini dikenal dengan nama lain bubu laba-laba, karena bentuknya menyerupai sarang laba-laba. alat ini biasa dioperasikan di daerah yang berkarang, sehingga disebut juga rock lobster pot. Kontruksinya dari kerangka besi yang dibalut dengan anyaman rotan sedangkan bagian mulut atau injap terbuat dari anyaman rotan seperti diperlihatkan pada gambar berikut.





   











Gbr Bubu Beehive Pot

3.     Batten Crayfish
Alat perangkap ini banyak dipergunakan di daerah-daerah di Australia Barat. Sebagian besar terbuat dari bahan kayu dengan kombinasi bagian bawah dan atas dari plat besi agar mudah dan cepat tenggelam. Sedangkan bagian mulutnya terbuat dari bahan kayu atau plastik cetakan dan berbentuk lingkaran yang memanjang, atau bentuk-bentuk silinder yang dilengkapi pintu pembuka untuk mengambil hasil tangkapan atau memangsa umpan.




   






Gbr. Batten Crayfish pot
4.     Krendet
Alat yang bernama krendet ini merupakan alat tangkap tradisional nelayan daerah pantai selatan Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul, misalnya Pantai Baron, Krakal, dan Kukub. Alat ini tergolong perangkap yang tidak memiliki ruang seperti halnya bubu. Hasil tangkapan mempergunakan alat ini masih dalam keadaan hidup walaupun dalam posisi terpuntal. Bahan dasarnya dari besi cor yang berbentuk melingkar. Pada bagian tengah dipasang jaring bekas dan umpan yang berupa kelapa bakar. Krendet diletakkan di sela-sela terumbu karang saat air laut pasang dan diambil saat laut surut. Biasanya lobster mencari makan saat laut pasang apabila menghampiri krendet ia akan terpuntal di dalamnya, seperti diperlihatkan pada gambar berikut.



   






Gbr Batten Crayfish pot

No comments:

Post a Comment