Tuesday 18 October 2016

PEMILIHAN INDUK BUDIDAYA CACING TANAH


Bagi Anda yang baru memulai dalam membudidayakan cacing tanah, Induk sebaiknya diperoleh dari peternak lainnya.

1.     Membeli dari Peternak
Cacing tanah (Lubricus rubellus) bukanlah cacing lokal. Cacing ini merupakan cacing impor. Jadi, akan sulit bagi kita untuk menemukannya di alam.
Oleh karena itu, untuk memperoleh bibit/calon induk, sebaiknya kita dapat kan dari peternak lain yang telah terlebih dahulu membudidayakannya. Dengan demikian, selain mendapatkan kepastian akan jenis yang dimaksud, kita dapat memilih benih yang baik.
Dalam membeli cacing dari perternak, ada hal lain yang harus diperhatikan. Hal tersebut adalah wadah pengangkutan. Ini mengigat kemungkinan petenak tersebut letaknya jauh dari rumah kita. Wadah harus benar-benar dipersiapkan guna menghindari kerugian. Jangan sampai, cacing yang kita bawa mati diperjalanan
Pada prinsifnya, wadah yang digunakan untuk membawa bibit, sama dengan wadah yang digunakan untuk membudidayakannya. Namun, wadah yang digunakan untuk membawa cacing hendaklah mudah untuk dibawa. Untuk itu,  ada wadah yang mudah digunakan, yaitu karung. Karung digunakan jika kita hendak membawa bibit dalam jumlah yang banyak.
Sebelum digunakan, karung sebaiknya dibasahi terlebih dahulu. Karung yang lembap ini untuk menjaga agar suhu dalam karung tetap terjaga.
Adapun cara mempersiapkan wadah untuk membawa bibit itu adalah sebagai berikut.
a.     Siapkan wadah untuk membawa cacing.
b.     Berilah sedikit media ke dalam wadah tersebut. Media yang dimaksud adalah tempat hidup cacing.
c.     Sebelum cacing dimasukkan, timbanglah wadah yang telah diisi media tersebut. Catatlah. Penimbangan wadah dilakukan untuk menentukan berat bersih cacing yang akan dibeli.
d.     Masukkan cacing ke dalam media tersebut dengan berat yang telah ditentukan.
Para peternak biasanya menjual bibit perkilogram. Untuk itu, dalam menentukan jumlah  bibit yang akan dibeli sebaiknya ditentukan berdasarkan kebutuhan dalam pemeliharaan.

2.     Pemilihan Induk
Untuk membudidayakan cacing tanah, pemilihan induk perlu dilakukan guna kelancaran dalam proses budidaya. Adapun syarat-syarat induk yang baik adalah sebagai berikut.
a.     Induk cacing harus berumur minimal 3 bulan, tertua 10 bulan. Saat itu, cacing dalam tahap roduktif. Tolak cacing berumur lebih dari 10 bulan lantaran ia sudah tidak terpakai lagi. Di bawah 3 bulan asih bisa dipakai, asal dibesarkan dahulu.
b.     Ciri cacing produktif ialah adanya klitelium. Bagian ini ini mudah terlihat lantaran pada Eisenia foetida, warnannya putih kekuningan, sangat mencolok di tengah-tengah warna merah maron. Apalagi bentuk klitelium ini menonjol, agak benjol dibandingkan bagian tubuh lain.

No comments:

Post a Comment