Tuesday 18 October 2016

PEMELIHARAAN SELAMA BUDIDAYA CACING TANAH

PEMELIHARAAN
Selain memberikan pakan, hal lain yang harus diperhatikan dalam membudidayakan cacing tanah adalah pemeliharaan. Pemeliharaan meliputi berbagai hal pada media. Perawatan media dilakukan guna mempertahankan kualitas media sehingga media tetap menjadi tempat yang layak bagi cacing yang dipelihara. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan media adalah sebagai berikut.

1.     Penyiraman
Penyiraman dilakukan guna mempertahankan agar media tetap lembap. Namun, kita harus memperhatikan air yang diberikan. Pemberian air yang terlalu banyak dapat menyebabkan kematian pada cacing. Mengapa? Karena cacing akan kehabisan oksigen. Akibatnya, cacing akan keluar dari media dan berusaha keluar. Adapun kelebapan yang dibutuhkan media hanyalah berkisar antara 15-30 % saja.

















Gambar wadah cacing disiram
2.     Pengadukan
Pengadukan media perlu dilakukan untuk menghindari pemadatan media. Selain itu, pengadukan media dilakukan guna mencukupi kadar oksigen dalam media yang sangat dibutuhkan oleh cacing. Lakukanlah pengadukan dengan hati-hati. Bahkan, pengadukan sebaiknya digunakan dengan tangan. Hal ini guna menghindari agar cacing tidak terluka. Jika pengadukan dilakukan dengan benda tajam, kemungkinan akan banyak cacing yang terpotong.

















Gambar Media cacing diaduk

3.     Pengukuran Suhu dan pH
Suhu yang dikehendaki cacing berkisar antara 15-25 oC. Perubahan suhu yang berlebihan dapat menyebabkan kematian pada cacing. Jika suhu meninggi, segeralah perhatikan faktor-faktor penyebabnya. Kemudian, segeralah ditanggulangi.
Selain suhu, pH media juga harus tetap diperhatikan Adapun pH ideal meida berkisar antara 6-7,2. Jika pH menurun, pencegahannya dapat dilakukan dengan memberikan kapur pada media. Cara pemberiannya adalah dengan dilarutkan dalam air. Berikan saat penyiraman.

4.     Pergantian Media
Pergantian media perlu dilakukan bila terjadi pemadatan pada media. Pemadatan terjadi karena partikel media telah mengecil.
Adapun ciri-ciri media yang telah harus diganti adalah sebagai berikut.
a.     Warna media hitam
b.     Lengket
c.     Mudah memadat bila basah
d.     Media telah digunakan selama 2,5 bulan.

Namun, media tersebut bukanlah tidak bermanfaat. Media bekas cacing dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik bagi tanaman. Begitu bermanfaatnya media ini hingga dapat diperjualbelikan.

No comments:

Post a Comment