Wednesday 17 August 2016

Mempersiapkan Akuarium ikan air laut

Cara Mempersiapkan Akuarium Ikan Air Laut


Pada dasarnya, keberhasilan memelihara ikan di dalam akuarium
dilakukan dengan menciptakan kondisi akuarium seolah-olah menjadi tempat hidupnya di alam. Untuk itu segala kebutuhan ikan perlu kita penuhi.
Salah satu cara menciptakan agar situasi di dalam akuarium seperti keadaan di alam, adalah dengan cara mendekor berbagai benda dan tanaman laut dalam akuarium itu. Dengan demikian, ikan akan merasa seperti tinggal di alam. Adapun bahan-bahan yang perlu disediakan dalam mendekor ikan laut dalam akuarium adalah sebagai berikut.

A. ALAT DAN BAHAN
1. Gambar pemandangan di dalam laut
Gambar pemandangan di dalam laut banyak terdapat di toko-toko penjual ikan dan akuarium. Gambar ini biasa terbuat dari bahan yang tahan air. Dengan demikian, gambar ini dapat diletakkan di belakang akuarium bagian dalam ataupun bagian luar.
Gambar ini berfungsi sebagai pemandangan latar belakang akuarium. Dengan demikian, kita yang menyaksikan akuarium seolah-olah berada di dalam laut. Selain itu, Pemasangan gambar dapat membuat ikan merasa nyaman.

2. pasir
Pasir yang digunakan dalam memelihara ikan air laut adalah pasir yang terdapat di pantai, bukan pasir untuk bangunan. Pasir pantai biasanya berwarna putih. Pasir berguna untuk memberikan dasar bagi permukaan akuarium.

3. Batu Karang
Batu karang adalah bahan yang penting dalam melakukan dekorasi. Sama halnya dengan di dalam laut, banyak pula terdapat batu karang. Itu merupakan ciri khas dari keadaan laut. Selain sebagai pemanis desain akuarium, batu karang memiliki banyak fungsi. Fungsinya adalah sebagai tempat berlindung ikan. Selain itu, batu karang berfungsi sebagai tempat menyimpan tumbuhan laut.

4. Tumbuhan laut
Tumbuhan laut merupakan hal penting dalam pemeliharaan ikan air laut. Keindahannya hampir menyamai keindahan ikan itu sendiri. Berbeda dengan tumbuhan di darat, beberapa tumbuhan laut dapat bergerak karena menerima rangsangan. Ada tumbuhan laut yang bulat membesar, jika tersentuh akan menguncup dan bersembunyi di sela-sela batu karang. Hal itu sangat menarik perhatian.

5. Air Laut
Air laut sangat penting kita perhatikan. Kejernihan air laut sangat mempengaruhi kondisi di dalam akuarium. Pemandangan tidak akan menarik jika air laut keruh. Selain dapat merusak pemandangan, air laut yang keruh dapat menyebabkan ikan menjadi mabuk.

B. Cara memasang perlengkapan akuarium
Ada beberapa langkah dalam mempersiapkan perlengkapan akuarium. Pemasangannya adalah sebagai berikut.
a. Siapkan sebuah meja di dalam ruangan rumah. Pastikan tempat itu adalah tempat yang cocok disimpan akuarium. Jika akuarium telah terpasang dan diisi air, posisi akuarium tidak akan dapat dipindahkan ke tempat lain.
b. Setelah meja disiapkan, pasanglah akuarium di atasnya. Pastikan akuarium telah bersih dari kotoran. Jangan lupa berilah alas antara akuarium dan meja. Alas yang digunakan dapat berupa dus putih. Dus itu banyak dijual di toko-toko buku. Alas digunakan untuk menjaga agar akuarium tidak pecah. Pecahnya akuarium dapat terjadi karena permukaan meja yang tidak rata. Kita tahu bahwa air yang diisi ke dalam akuarium sangat berat. Sedikit saja permukaan meja tidak rata, dapat membuat akuarium menjadi pecah. Adapun ukuran akuarium yang digunakan untuk memeliharai ikan hias air laut, sekurangnya dapat menampung air sebanyak 90 liter. Jika diukur, maka ukuran akuarium minimal adalah 70 x 30 x 40 cm.
c. Jika akuarium telah terpasang, langkah pertama adalah mengisi akuarium dengan pasir. Pasir ditebar secara merata di permukaan dasar akuarium. Ketinggian pasir berkisar antara 1-1,5 cm.
d. Langkah selanjutnya adalah memasang batu karang. Batu karang disusun sesuai dengan keinginan kita. Dalam hal ini, penyusun memberi pandangan bahwa pada dasarnya batu karang akan menjadi pusat kegiatan, baik bagi tumbuhan air laut maupun ikan laut itu sendiri. Pemasangan batu karang dapat dipasang menggunung di tengah akuarium, atau dapat pula diletakkan di sudut. Hal itu bergantung selera.
e. Perlengkapan lainnya yang perlu dipasang adalah aerator. Gelembung udara ditempatkan di tempat-tempat yang cocok. Pendamlah dalam pasir agar gelembung udara itu tidak seperti gelembung buatan. Kemudian, jalur selang pun ditanam di dalam pasir agar tidak merusak pemandangan.
f. Selanjutnya dipasang pula pompa air. Pompa air harus dipasang sebelum diisi air jika pompa air yang digunakan adalah jenis pompa yang direndam di dalam air. Jika pompa air yang jenisnya diletakkan di luar air,dapat dipasang belakangan.
g. Jika semuanya telah terpasang, pengisian air dapat dilakukan. Perlu diperhatikan, pengisian air harus dilakukan secara perlahan agar tidak menganggu posisi pasir dan karang. Akuarium diisi air hingga mencapai ketinggian 3/4 dari tinggi akuarium.
h. Setelah air terisi, masukkanlah tumbuhan laut. Letakkan dengan posisi yang pantas agar akuarium tampak indah.
i. Lalu, aktifkan aerator dan saringan air.
j. Saat itu, ikan tidak dapat langsung dimasukkan ke dalam akuarium. Akuarium dapat diisi ikan setelah sirkulasi air dalam akuarium berjalan selama beberapa hari.

No comments:

Post a Comment